tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Strategi KPU Temanggung untuk Meningkatkan Partisipasi Pemilih di Pemilu 2024

 

Ketua KPU Temanggung, Henry Sofyan Rois

PRAKATA.COM - Dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu dan Pilkada 2024, KPU Temanggung telah merancang beberapa taktik. “Kami menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 mencapai 90 persen dari total 616.057 pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT),” ungkap Ketua KPU Temanggung, Henry Sofyan Rois, pada Sabtu (23/12/2023).

Menurutnya, partisipasi pemilih di Temanggung pada Pemilu 2019 telah mencapai 87,5 persen. Untuk mencapai target partisipasi pemilih yang lebih tinggi, KPU telah berkolaborasi dengan berbagai instansi, sektor swasta, komunitas, dan pelajar untuk bersama-sama mensosialisasikan pentingnya menggunakan hak suara pada Pemilu dan Pilkada 2024.

“Dari partai-partai politik, mereka tentunya melakukan kampanye, yang dapat meningkatkan partisipasi. Pihak pemerintah juga berperan dalam meningkatkan dan mendukung partisipasi pemilih, termasuk pemilih pemula dan pelajar,” tambahnya.

Selain itu, KPU Temanggung juga memiliki jajaran di bawahnya, yaitu PPK dan PPS, yang bertugas mensosialisasikan semua tahapan Pemilu kepada masyarakat.

“PPK dan PPS ini juga aktif melakukan sosialisasi dengan memanfaatkan forum-forum warga, seperti kegiatan keagamaan, kerja bakti, dan tradisi merti dusun, untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, serta anggota DPD RI yang akan dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari 2024,” pungkasnya. (gud)