tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Persiapan Kemenhub Hadapi Libur Akhir Tahun: Koordinasi, Kelaikan, dan Mudik Gratis


PRAKATA.COM - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2023/2024, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus berupaya meningkatkan koordinasi lintas sektoral untuk penyelenggaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru agar berjalan dengan tertib, lancar, dan aman.


"Kami terus melakukan koordinasi intensif dengan berbagai pihak terkait kebijakan-kebijakan yang akan diterbitkan, baik dengan kementerian dan lembaga lain maupun dengan stakeholder terkait," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat mengikuti Rapat Koordinasi Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Jakarta, Kamis.


Menhub mengatakan, ada beberapa kebijakan yang telah disiapkan, terutama untuk menghadapi lonjakan pergerakan masyarakat dan perubahan cuaca di masa libur akhir tahun.


Beberapa kebijakan tersebut antara lain melakukan survei, menyiapkan sarana dan prasarana transportasi, melakukan inspeksi (ramp check) untuk memastikan kelaikan sarana dan prasarana transportasi, serta menyiapkan antisipasi terhadap cuaca ekstrem dan keadaan darurat.


Selain itu, beberapa kebijakan juga terus dikomunikasikan secara intensif, misalnya terkait rekayasa lalu lintas di jalan tol dan non tol, manajemen rest area, pembatasan angkutan barang, pengendalian pasar tumpah, pemanfaatan jembatan timbang sebagai rest area, serta sosialisasi keselamatan berkendara.


Menhub juga menyampaikan bahwa telah menyiapkan program mudik gratis untuk mengurangi penggunaan sepeda motor yang berisiko meningkatkan kecelakaan di jalan raya.


Ada 2 (dua) program mudik gratis yang disiapkan oleh Kemenhub untuk pengguna sepeda motor.


Program pertama adalah menyediakan 90 unit bus AKAP dan Pariwisata ke 12 rute tujuan untuk mengangkut 3.600 penumpang, dan 4 (empat) truk untuk mengangkut 120 unit sepeda motor.


Program kedua adalah menyediakan kereta api untuk mengangkut 696 motor untuk rute Jakarta Gudang – Semarang Tawang (PP).


Menhub mengharapkan, program ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, karena jumlah penggunaan kendaraan pribadi berpengaruh terhadap jumlah kecelakaan di jalan raya.


"Semoga pergerakan masyarakat di masa libur Natal dan Tahun Baru dapat berlangsung dengan tertib, lancar, dan aman, sesuai dengan harapan kita bersama,” kata Menhub.


Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Asisten Operasi Panglima TNI Rachmad Jayadi, Wamen Parekraf Angela Tanoesoedibjo, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Agus Haryono, Widyaiswara Ahli Utama BNPB Dody Ruswandi, serta perwakilan Kemenko PMK dan PT Pertamina. (gud)