tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Optimisme Tinggi Timnas AMIN untuk Maju ke Putaran Kedua Pilpres 2024

 

Pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN)

PRAKATA.COM - Azrul Tanjung, Co Captain dari Tim Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN), optimis bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 ini akan berhasil mencapai putaran kedua dalam Pilpres 2024.

“Dengan nama Allah, kami percaya AMIN akan melangkah ke putaran kedua,” ungkapnya di Jakarta, hari Kamis.

Optimisme Azrul didasarkan pada peningkatan elektabilitas pasangan calon tersebut, yang tercermin dalam hasil survei dari beberapa lembaga baru-baru ini.

Survei dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menunjukkan bahwa pasangan AMIN memiliki elektabilitas sebesar 26,1 persen. Di sisi lain, pasangan Prabowo-Gibran memimpin dengan elektabilitas 43,7 persen dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD memiliki elektabilitas 19,4 persen.

Polling Institute, lembaga lainnya, merilis survei terbaru tentang elektabilitas pasangan capres dan cawapres, dengan hasil Prabowo-Gibran 46,1 persen, Anies-Cak Imin 22,6 persen, dan Ganjar-Mahfud 20,5 persen.

“Kami percaya elektabilitas pasangan calon AMIN akan terus meningkat menjelang hari pemilihan pada 14 Februari 2024,” ujar Azrul.

Ketua Kornas Garda Matahari ini yakin bahwa pasangan AMIN akan mendapatkan persentase suara lebih dari 30 persen. Hal ini didasarkan pada kerja keras dari Timnas, partai dan relawan saat ini.

“Kami yakin sekitar 35-39 persen, sehingga dapat melaju ke putaran kedua,” tuturnya.

Sebelumnya, pada hari Senin, 13 November 2023, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan jadwal kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, dan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (gud/ant)