tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Optimalisasi Layanan Publik Melalui Integrasi PATEN dan Super Apps TangerangAYO

 


PRAKATA.COM - Pemerintah Kota Tangerang terus berupaya meningkatkan efisiensi Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di wilayahnya. Dalam sebuah pertemuan yang dihadiri oleh perwakilan dari setiap kecamatan dan kelurahan, khususnya staf pelayanan umum dan administrasi pemerintahan, Pemerintah Kota Tangerang memperkenalkan program PATEN yang telah diintegrasikan dengan aplikasi multifungsi TangerangAYO yang baru saja dirilis.

Deni Koswara, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tangerang, menjelaskan bahwa program PATEN adalah inisiatif pelayanan publik yang proses pengelolaannya, mulai dari permohonan hingga penerbitan dokumen, dilakukan di satu lokasi melalui satu loket pelayanan terpadu di tingkat kecamatan atau kelurahan. Dengan integrasi Super Apps TangerangAYO, berbagai layanan dapat diakses, seperti KTP-el, KIA, Kartu Kuning, E-SPPT dan E-STTS, Abang Jawara, Tangerang City Gallery, Ambulans dan Mobil Jenazah Gratis, serta Tombol Darurat (112).

“Secara keseluruhan, tujuan dari PATEN adalah untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses berbagai layanan publik. Jadi, masyarakat tidak perlu repot dalam mengakses layanan, dan para pegawai juga mendapat manfaat dari integrasi dengan Super Apps TangerangAYO yang digunakan untuk mengoptimalkan semua ini,” kata Deni Koswara, Selasa, (19/12/2023).

Indri Astuti, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang, menambahkan bahwa program PATEN telah dioptimalkan di sebagian besar wilayah dengan maksimal. Setelah integrasi dengan Super Apps TangerangAYO, Pemerintah Kota Tangerang berharap bahwa pegawai dan masyarakat dapat memanfaatkan kemudahan layanan yang telah disediakan.

“Super Apps TangerangAYO memiliki fitur ‘Melayani Warga’ yang berfungsi untuk mengakomodasi layanan publik, khususnya PATEN di Kota Tangerang. Saat ini ada sekitar 9 fitur layanan yang ditujukan untuk memudahkan para pegawai dalam mengoptimalkan pelayanan publik di Kota Tangerang,” tambahnya.

Selain itu, Pemerintah Kota Tangerang berharap bahwa kemudahan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Tangerang.

“Kami berharap seluruh pegawai di kecamatan dan kelurahan se-Kota Tangerang dapat memanfaatkan kemudahan yang disediakan, sehingga semua bentuk pelayanan publik dapat disalurkan dengan cepat, tepat, dan maksimal,” tutupnya. (mts/gud)