tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Jokowi Hadiri KTT COP28, Kolaborasi Global dan Komitmen Nyata untuk Perubahan Iklim

 

PRAKATA.COM - Presiden Indonesia, Joko Widodo, bersama delegasi terbatas berangkat menuju Persatuan Emirat Arab (PEA) dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Kamis, 30 November 2023. Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) COP28.

“Kami akan berangkat ke Dubai, Uni Emirat Arab hari ini untuk mengikuti serangkaian acara di World Climate Action Summit COP28,” kata Presiden Jokowi sebelum keberangkatan.

Presiden Jokowi berencana untuk menyampaikan pandangan Indonesia tentang pentingnya kerjasama global dalam menangani perubahan iklim di KTT COP28. “Saya akan berbagi pengalaman Indonesia dan menekankan pentingnya kerjasama global dalam pendanaan iklim dan transisi inklusif untuk memastikan pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat di negara-negara berkembang,” ungkapnya.

Presiden Jokowi menambahkan bahwa dunia memiliki harapan besar terhadap COP28 untuk melihat aksi global yang konkret dalam membatasi peningkatan suhu global. “Komitmen konkret harus diperkuat, terutama komitmen negara-negara maju untuk pendanaan iklim, terutama dalam mencapai target net zero emission,” katanya.

Selain menghadiri KTT COP28, Presiden Jokowi juga dijadwalkan untuk menghadiri Leaders’ Event: Transforming Food Systems in the Face of Climate Change, KTT G77 dan China, serta beberapa pertemuan bilateral. “Saya dan rombongan, insyaallah, akan kembali ke Jakarta pada tanggal 3 Desember, Minggu pagi,” pungkas Presiden.

Presiden Jokowi ditemani oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam penerbangan menuju Dubai. Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tampak melepas keberangkatan Kepala Negara. (sln/un)