tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Resmi Dibuka, Portue 2023 Bakal Diramaikan Ribuan Atlet Berebut Medali


PRAKATA.COM - Pekan Olahraga Tunggal Event (Portue) Bandung Championship 2023 resmi dibuka pada Selasa 24 Oktober 2023. Ajang ini diikuti oleh 11.819 atlet yang bertanding di 32 cabang olahraga (cabor) selama seminggu.


Ketua KONI Kota Bandung, Nuryadi mengatakan, lokasi pertandingan tersebar di beberapa tempat di Kota Bandung, seperti komplek sarana olahraga Dispora Jabar Arcamanik, komplek SOR Lodaya, komplek SOR Jalan Jakarta, Miko Mall, kampus UPI, dan lain-lain.


"Kami juga ingin mengembangkan industri olahraga yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Ada 28 UMKM yang terlibat dalam kegiatan ini," ujar Nuryadi.


Nuryadi menambahkan, jumlah medali yang diperebutkan adalah 2.606 emas, 2.606 perak, dan 3.136 perunggu. Sebagian cabor sudah dimulai sejak Jumat 20 Oktober 2023 karena keterbatasan tempat.


"Kami berharap Portue ini bisa melahirkan atlet-atlet berprestasi yang bisa membawa nama baik Kota Bandung, Jawa Barat, dan Indonesia di tingkat nasional maupun internasional," kata Nuryadi.


Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengapresiasi Portue ini sebagai event yang tidak hanya menampilkan olahraga, tetapi juga berkaitan dengan pengembangan pertumbuhan ekonomi.


"Kota Bandung saat ini sedang berjuang untuk meningkatkan posisinya di level provinsi Jawa Barat. Saya tahu atlet-atlet Kota Bandung selalu memberikan kontribusi baik untuk kontingen Jawa Barat dan juga nasional di event skala nasional maupun skala internasional," tutur Ema.


Ema juga mengingatkan agar Portue ini tidak menimbulkan masalah sampah dan bisa dikelola dengan baik.


Portue 2023 melombakan 32 cabor, antara lain atletik, balap sepeda, biliar, bola basket, bola tangan, bulu tangkis, dayung, drumband, e-sport, gulat, hoki, judo, karate, kempo, muay thai, panahan, panjat tebing, renang, pencak silat, selam, senam, futsal, sepak bola, sepak takraw, softball, baseball, tarung derajat, taekwondo, tenis lapangan, tenis meja, voli indoor, dan wushu. (din)