tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Jeans dan Batik Kendal Tampil Memukau di Pantai Ngebum


PRAKATA.COM - Pemkab Kendal mengadakan acara fashion show jeans dan batik Kendal, yang merupakan produk unggulan daerah tersebut, di Pantai Ngebum Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kendal, pada hari Minggu (29/10/2023).


Menurut Sekda Kabupaten Kendal Sugiono, Kendal memiliki budaya lokal yang kaya, yaitu batik khas Kendal, yang bisa menjadi identitas Kendal di tingkat regional Jawa Tengah, bahkan nasional, jika terus dipromosikan dengan baik.


Selain batik, Kendal juga memiliki Jeans Cempokomulyo dari Kecamatan Gemuh, dengan merek cordura, yang sudah menembus pasar di Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan, bahkan Malaysia dan Singapura.


Oleh karena itu, ia berharap, melalui fashion show ini, bisa mengenalkan budaya lokal Kendal, khususnya jeans dan batik kepada masyarakat.


“Selain itu, juga membuka peluang bagi pengusaha dan pengrajin untuk memperluas pasar mereka, termasuk ke luar negeri, yang tentu saja akan bermanfaat bagi kelangsungan usaha dan berpengaruh positif bagi perekonomian masyarakat,” ujarnya.


Kadisporapar Kabupaten Kendal Irham Chalid mengatakan, fashion show diselenggarakan untuk mempromosikan pariwisata, sekaligus memberikan hiburan kepada masyarakat.


Salah satu pengrajin Jeans Cempokomulyo, Nurul Masudin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, yang sudah membantu mempromosikan produk jeans cordura yang ia produksi.


“Semoga dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini akan lebih mempopulerkan jeans Kendal, baik di kalangan masyarakat lokal maupun luar daerah, hingga nasional,” harap Nurul. (Gud)