tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

MTQ Ke-55 Kabupaten Bekasi Dibuka, Cari Bibit Baru untuk MTQ Jabar

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan secara resmi membuka Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-55 tingkat Kabupaten Bekasi.

PRAKATA.COM - Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan secara resmi membuka Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-55 tingkat Kabupaten Bekasi di lapangan Kantor Desa Sukabudi, Sukawangi, Senin (04/09/2023). Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Dedy Supriyadi, dan Asda 1 sekaligus Ketua Umum LPTQ Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainiarti.


Dani Ramdan mengatakan bahwa MTQ ini bukan sekadar acara rutin tahunan, tetapi juga bertujuan untuk melahirkan para qori-qoriah, hafiz-hafizah yang mampu membumikan nilai-nilai Al-Quran di Kabupaten Bekasi. "Kedua yang terpenting itu tadi membumikan Al-Quran supaya masyarakat dalam seminggu ini akan dilantunkan bacaan Quran, dari anak-anak atau Ibu-ibu mudah-mudahan dapat terangkat minatnya untuk belajar Quran," ujarnya.


Dia juga menyampaikan bahwa Pemkab Bekasi telah mempersiapkan kecukupan distribusi air bagi para kafilah dan masyarakat setempat, mengingat terjadinya kekeringan akibat dampak kemarau fenomena El-Nino. "Karena salah satunya, kalau di sini di Sukaringin yang mengalami kesulitan air," lanjutnya.


Selain itu, dia juga berharap agar MTQ ini dapat menyaring bibit-bibit baru yang nantinya bisa mewakili Kabupaten Bekasi di ajang MTQ Ke-38 Tingkat Jabar. Kabupaten Bekasi berpeluang menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi Jawa Barat ke-38. "Hampir dipastikan Kabupaten Bekasi akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi Jawa Barat oleh karena itu ajang MTQ kali ini adalah ajang MTQ prestasi, karena akan menyaring dan menyiapkan selama kira-kira 6 bulan untuk MTQ Jawa Barat," tuturnya.


Sementara itu, Sri Enny Mainiarti menambahkan bahwa pelaksanaan MTQ di Sukawangi akan dilaksanakan mulai tanggal 3 sampai dengan 9 september 2023. Ada 9 cabang dan 24 golongan yang dilombakan dalam MTQ ini. "Ya ada Cabang tilawah quran, qiroatul quran, hifzhil quran, tafsir, fahmil, syarhil, kaligrafi, karya tulis ilmiah, dan hafalan hadits," jelasnya. (Gud)