tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

TNI AD Manunggal Air, Jenderal Dudung Resmikan Penggunaan Fasilitas Air Bersih

 


PRAKATA.COM - Danrem 051/Wijayakarta, Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, didampingi Dandim 0509/Kabupaten Bekasi, Letkol Inf. Danang W, menghadiri peresmian penggunaan fasilitas air bersih melalui program TNI AD Manunggal Air, di Kampung Teluk Haur Desa Kertajaya, Kecamatan Pebayuran, pada Selasa (25/7/2023).

Kegiatan tersebut diresmikan langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Dudung Abdurachman melalui video conference yang digelar secara serentak se-Indonesia.

Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto menyampaikan, program Manunggal Air Bersih TNI AD merupakan wujud nyata implementasi dari 7 perintah harian KSAD, dimana kehadiran TNI AD bisa memberikan dampak yang positif serta memberikan solusi terhadap masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih, terutama pada daerah-daerah yang kekurangan air.

"TNI harus bisa memberikan solusi kepada masyarakat serta melakukan langkah-langkah yang bisa berdampak baik terhadap kesejahteraan masyarakat. Sehingga TNI semakin cinta kepada rakyat dan rakyat akan semakin cinta pada TNI," ungkapnya.

Dia menjelaskan, program TNI AD Manunggal Air Bersih di wilayah Kabupaten Bekasi sendiri dilaksanakan di tiga titik fasilitas air bersih yang sudah dibangun oleh TNI AD.

"Untuk Kabupaten Bekasi ada tiga titik fasilitas air bersih yang sudah dibangun, satu titik di Pebayuran, dua titik lagi sudah dilakukan oleh Korem beberapa bulan lalu di Kecamatan Cabangbungin dan Kecamatan Cikarang Selatan," jelasnya.

Selain meresmikan program Manunggal Air Bersih (sumur bor), di tempat yang sama Danrem juga mengadakan kegiatan bakti sosial yang untuk masyarakat sekitar serta mencanangkan percepatan penurunan stunting pada anak-anak.

"Selain itu, kami juga membagikan paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan. Kemudian juga ada bazar UMKM yang digelar oleh ibu-ibu Persit dan masyarakat. Termasuk stunting, kita memberikan nutrisi agar stunting ini bisa kita turunkan di wilayah Kabupaten Bekasi," tuturnya.

Pihaknya berencana akan terus menggencarkan program Manunggal Air bersih ini dalam membantu masyarakat. Hal tersebut merupakan bukti nyata kontribusi TNI kepada rakyat.

"Kami akan terus lakukan, dan kami perintahkan kepada Babinsa supaya terus melakukan koordinasi dan turun ke lapangan dengan Bhabinkamtibnas. Sehingga mereka akan tahu apa yang menjadi kesulitan di tengah masyarakat," ungkapnya.

Brigjen Nono berharap, program Manunggal Air Bersih dapat memberi manfaat yang besar bagi keberlangsungan hidup masyarakat sekitar. Dengan demikian, dapat memudahkan masyarakat dalam memperoleh kebutuhan air bersih untuk keperluan sehari-hari.

"Kami juga berharap, masyarakat terus berperan aktif dalam memelihara kondisi air sehingga air ini bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari. Tentunya masyarakat juga sangat senang karena mereka tidak sulit lagi dalam memperoleh air bersih," tambahnya. (gud)