tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Pemkot Tangerang Luncurkan Aplikasi E-Dasawisma di Momen HKG PKK 51

PRAKATA.COM - Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) ke-51 tahun tingkat Kota Tangerang yang diramaikan oleh seluruh anggota PKK se-Kota Tangerang serta masyarakat Kota Tangerang, begitu meriah saat digelar di kawasan Tugu Adipura Kota Tangerang, Minggu (2/7/2023). 


Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Tangerang,  Arief R. Wismansyah,  menyampaikan apresiasinya kepada seluruh anggota TP PKK Kota Tangerang atas segala kerja kolaboratif PKK bersama dengan pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera. 


“Peran PKK sangat penting, terlebih peran seorang ibu yang menjadi motor penggerak di tengah keluarga, sehingga dapat mendorong peningkatan kualitas keluarga di masyarakat,” ungkapnya.


Selain itu, pada kesempatan ini juga diluncurkan Aplikasi E-Dasawisma yang merupakan sistem informasi digital sebagai upaya peningkatan pengelolaan dan sistem informasi anggota PKK yang semakin optimal. 


“Saya berharap dukungan serta kerja sama ini akan terus menjadi semangat kita bersama untuk mewujudkan keluarga Kota Tangerang yang semakin maju dan sejahtera. Apalagi udah ada aplikasinya nih, harus makin semangat kerjanya," tukas Arief. 


Dalam kegiatan tersebut, dimeriahkan pula dengan kegiatan senam bersama, bazar UMKM, doorprize serta pembagian hadiah lomba 10 Program PKK yang diraih oleh Kecamatan Cibodas sebagai Juara Umum.


“E-Dasawisma merupakan layanan pencatatan Dasawisma di wilayah kecamatan dan kelurahan secara digital. Dasawisma merupakan kelompok yang terdiri dari lebih dari 10 sampai dengan 20 keluarga. Nantinya, akan digunakan untuk kegiatan Dasawisma yang diarahkan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga, sesuai dengan program PKK,” ungkap Aini Suci Wismansyah, Ketua PKK Kota Tangerang.


Ia pun menuturkan, E-Dasawisma juga akan digunakan untuk pengisian laporan kegiatan yang ada dalam program PKK Kota Tangerang. Pendataan ibu hamil, pendataan keluarga untuk program kesejahteraan keluarga, pendataan kondisi kesehatan keluarga dari sumber air, tempat pembuangan dan tinggal kayak huni.


“Sehingga, PKK Kota Tangerang dapat melakukan pemantauan keluarga ideal, yang nantinya dapat diberikan intervensi sesuai progran yang dibutuhkan. E-Dasawisma dapat diakses menggunakan akun terdaftar melalui website dasawisma.tangerangkota.go.id,” katanya.


Pantauan lapangan, peringatan HKG PKK ke-51 Kota Tangerang juga mengumumkan pemenang lomba 10 Program Pokok PKK Tahun 2023. Dalam hal ini, Kecamatan Cibodas pun keluar sebagai pemenang atau Juara Umum dengan meraih enam kemenangan dari 10 mata lomba.


Ketua PKK Kecamatan Cibodas, Nurul Fitri Prihadi menyatakan kemenangan ini atas komitmen, kerjasama dan kekompakan semua pihak. Mulai dari warga, RT, RW, PKK kelurahan, PKK kecamatan, KWT dan lainnya. Ia pun mengaku, banyak terobosan yang dibuat jajaran PKK Kecamatan Cibodas dalam 10 Program Pokok PKK, salah satunya pengolahan daun kelor dan teri yang dikemas cepat saji dikonsumsi keluarga-keluarga sehat, untuk mencegah kasus stunting.


“Setelah menjadi pemenang, tentunya inovasi dan kolaborasi harus terus berkembang. Mudah-mudahan, kolaborasi dengan banyak pihak terus diperluas untuk menghasilkan inovasi yang lebih menarik dan tentunya sesuai dengan yang dibutuhkan para keluarga Kota Tangerang khususnya Keluarga Cibodas,” kata Nurul. (gud)