tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Ini 20 Artefak Nabi Muhammad SAW yang Bakal Dipajang dalam Festival Al-A'zhom

PRAKATA.COM - Menyambut pergantian Tahun Baru Islam 1445 Hijriah, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan kembali menyelenggarakan Festival Al-A’zhom ke-10 atau satu dekade. Dengan mengusung tema ‘Hijriah Penuh Hikmah’, Festival Al’A’zhom akan berlangsung pada 18 hingga 30 Juli. Selain seni hiburan, perlombaan, seminar kegiatan ikonik Kota Tangerang ini juga akan kembali menghadirkan pameran artefak Nabi Muhammad SAW, di Gedung MUI Kota Tangerang.


“Ini menjadi pameran artefak kedua, setelah tahun lalu berhasil menarik ribuan pengunjung setiap harinya, bahkan banyak pengunjung yang datang dari luar daerah Kota Tangerang. Pameran artefak akan hadir di Festival Al-A’zhom ke-10 sejak hari pertama hingga selesai,” ungkap Ikhwan Sukirman, Ketua Pelaksana 1 Dekade Festival Al-A’zhom, Jumat (14/7/2023).

Kata Sukirman, bagi warga yang ingin berkunjung ke pameran artefak pada 1 Dekade Festival Al’A’zhom diimbau untuk melakukan pendaftaran lebih dulu, secara daring. Pendaftaran, dapat dilakukan melalui hotline 0852-1923-6323 a/n Ust Muhammad Isaac.

Sedangkan untuk ketentuan berkunjung ke pameran artefak ini, kata Sukirman pendaftaran dilakukan sebelum kedatangan dan sistemnya berjemaah atau berkelompok. Memasuki area pameran dalam keadaan bersuci atau mempunyai wudhu. Tak kalah penting, pengunjung diimbau menggunakan pakaian busana muslim atau muslimah.

“Setiap jemaah atau kelompok maksimal adalah 20 orang. Jadi, ayo daftarkan diri kalian atau jemaah kalian untuk dapat melihat, mengenal bahkan memahami sejarah-sejarah Nabi Muhammad SAW secara langsung,” jelas Sukirman.

Diharapkan, lewat 1 Dekade Festival Al-A’zhom masyarakat Kota Tangerang bahkan luar daerah bisa memiliki kesempatan untuk melihat dari dekat, menyaksikan dengan mata dan kepala sendiri, benda-benda peninggalan Rasullah. Terlebih, menjadi momen lebih kenal, dekat, dan cinta pada Nabi Muhammas SAW. (bun)

Sebagai berikut, artefak Nabi Muhammad SAW yang akan dipajang;

1. Imamah Rasulullah SAW
2. Rambut Rasulullah SAW
3. Janggut Rasulullah SAW
4. Darah Bekam Rasulullah SAW
5. Tanah makam Rasulullah SAW
6. Ekstrak keringat Rasulullah SAW
7. Siwak Rasulullah SAW
8. Terompah Rasulullah SAW
9. Cemeti Rasulullah SAW
10. Wadah Air Zam Zam Rasulullah SAW
11. Wadah Susu Rasulullah SAW
12. Tongkat Rasulullah SAW
13. Pedang Al Fatih Rasulullah SAW
14. Tapak kaki unta Rasulullah SAW
15. Pedang Sayyidina Khalid Bin Walid
16. Jubah Rasulullah SAW
17. Rida Rasulullah SAW
18. Songkok Rasulullah SAW
19. Kiswah Makam
20. Kiswah Sayyidina Husein