tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Semua Lini RS Harus Pahami Protap Pelayanan Pasien Jamkestama


PRAKATA.COM - Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Novita Wijayanti menekankan agar Prosedur Tetap (Protap) pelayanan pasien dengan Jaminan Kesehatan Utama (Jamkestama) harus dipahami oleh berbagai lini di Rumah Sakit (RS), terutama oleh mereka yang langsung berhadapan dengan pasien. Hal ini disampaikannya di tengah Kunjungan Kerja BURT ke RS Permata Cibubur, Bekasi, Jawa Barat pada Jumat (23/6/2023).


“Saya berharap sekali pelayanan yang tadi disampaikan, petugas yang di frontdesk untuk bisa di-briefing bahwa protap-nya begini-begini-begini. Jangan sampai di atasnya iya tapi di bawahnya nggak nyambung. Nanti nggak connect bagaimana cara nerimanya,” ujar Novita setelah mendapatkan paparan dari Direktur RS Permata Cibubur pada acara tersebut.


Dalam kesempatan yang sama, Indah Kurniawati juga menyampaikan hal serupa. Anggota BURT DPR RI yang juga anggota Komisi XI DPR RI ini secara gamblang meminta kepada Direktur RS Permata Cibubur agar para personel yang ada di garda depan dapat mengaplikasikan visi dan motto perusahaan seperti yang telah dipaparkan sebelumnya.


“Kami ingin pastikan saja bahwa dokter Mira beserta seluruh jajaran khususnya front office yang pertama kali ketemu calon pasien. Mohon tadi visi maupun motto benar-benar diturunkan sampai ke frontliner. Sehingga mereka saat menerima tidak lagi ngupyek, mempermasalahkan ID (anggota dewan,” ujar Indah.


Jamkestama merupakan jaminan kesehatan yang ditujukan bagi Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota DPR, DPD, BPK, KY, Hakim MK, Hakim Agung MA. Jaminan kesehatan ini juga berlaku untuk pasangan dan maksimal 3 orang anak dari masing-masing pengguna. Adapun pelaksanaan Jamkestama dilakukan oleh Jasindo melalui rumah sakit provider, salah satunya adalah RS Permata CIbubur. (uc/rdn)