tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Basarnas Kerahkan KN Sar Kamajaya 104 Perluas Area Pencarian KMN Ilham Kajang


PRAKATA.COM
- Upaya mencari KMN Ilham Kajang yang dilaporkan mengalami mati mesin di sekitar perairan Bulukumba, Sulawesi Selatan, pada Rabu (24/5/2023) lalu masih terus dilakukan. Basarnas Sulsel yang sudah mengerahkan Personel Pos Unit Siaga Sar Bantaeng dengan menggunakan RIB Basarnas yang berada di Bantaeng masih belum membuahkan hasil.

Pencarian hingga hari ketiga, keberadaan KMN Ilham Jaya beserta 10 orang yang berada di atasnya belum ditemukan tanda keberadaannya. Karena itu, Basarnas Sulsel memutuskan untuk mengerahkan armada utama pencarian KN Sar Kamajaya 104 pada Sabtu (27/5/2023).


Bustanil, Pelaksana Harian Kepala Kantor Basarnas Sulsel menyampaikan bahwa untuk mengefektifkan pencarian maka Basarnas Sulsel kerahkan KN Sar Kamajaya 104 yang ada di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.


"Hari ini KN Sar Kamajaya 104 kami kerahkan untuk memperluas area pencarian di perairan sebelah Selatan sesuai dengan prediksi arus dari aplikasi pencarian yang Basarnas miliki", ungkap Bustanil.


Lebih jauh, Bustanil menjelaskan bahwa untuk wilayah perairan dari Bantaeng dan Jeneponto tetap akan dicari menggunakan RIB Basarnas dari Bantaeng, sementara untuk wilayah perairan Takalar akan menggunakan KN Sar Kamajaya 104.


Adapun kendala yang dihadapi Tim Sar dalam pencarian karena tidak adanya radio komunikasi yang dimiliki KMN Ilham Kajang, sehingga sulit memastikan posisi keberadaannya. Selain itu, kondisi gelombang yang sempat dihadapi Tim Sar yang menggunakan RIB pada hari kedua pencarian.


"Semoga dengan tambahan armada dan personel, KMN Ilham Kajang dan 10 nelayan di atasnya bisa segera ditemukan selamat", harap Bustanil. (Hms Basarnas)