tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Tim Inspeksi Kesehatan Hewan Kurban DKI Jakarta Periksa 10.253 Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Pemeriksaan hewan kurban. Foto: Ilustrasi/Net
Prakata.com - Menjelang perayaan Iduladha tahun 1445 H, DKI Jakarta telah memobilisasi lebih dari 100 inspektur kesehatan untuk mengawasi hewan kurban di seluruh kota. Sejak awal Mei 2024, petugas dari lima sub-dinas telah bekerja keras memeriksa hewan-hewan tersebut.

Menurut Suharini Eliawati, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP), sampai dengan 31 Mei 2024, ada 117 lokasi yang telah dijadikan pusat penampungan hewan kurban, dengan total 10.253 hewan termasuk sapi, kerbau, kambing, dan domba telah lulus pemeriksaan kesehatan.

“Saat ini seluruh petugas teknis yang ada di wilayah dikerahkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban yang sudah masuk. Secara keseluruhan hewan kurban pada kondisi sehat dan memenuhi syarat sebagai hewan kurban,” ujar Eli, Senin (3/6/2024).

Ia menyampaikan, sebagian besar hewan kurban yang masuk Jakarta berasal besar berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta sebagian lagi dari Lampung.

Eli menjelaskan, ada beberapa ekor hewan kurban dari luar daerah yang telah masuk ke tempat penampungan di wilayah Jakarta mengalami stres perjalanan biasanya disebabkan karena perjalanan panjang dengan kondisi cuaca panas.

Selain itu, Dinas KPKP DKI Jakarta juga bekerja sama dengan Balai Veteriner Subang untuk pengujian sampel darah memastikan bahwa hewan ternak kurban di Jakarta bebas dari penyakit zoonosa.

“Hewan kurban yang mengalami stres perjalanan kami berikan obat-obatan dan vitamin. Sampai sekarang ada enam ekor yang kami temukan dengan keluhan sakit mata, diare dan sesaat susah untuk berdiri. Namun, tidak ditemukan kasus hewan kurban yang terjangkit antraks hingga saat ini," kata Eli.

Ia memprediksi tempat penampungan dan jumlah hewan kurban di Jakarta akan terus bertambah. Pasalnya, dalam dua tahun terakhir Jakarta membutuhkan kurang lebih 61.000 ternak kurban, utamanya sapi dan kambing.

Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta telah melakukan koordinasi secara internal maupun eksternal menjelang Hari Raya Iduladha 1445 H. Koordinasi eksternal dilakukan dengan daerah pemasok hewan kurban melalui pejabat otoritas veteriner (POV).

“Sehingga kita bisa pastikan seluruh hewan kurban yang masuk ke Jakarta sehat dan dilengkapi dokumen administrasinya. Koordinasi internal salah satunya dengan Dinas PMPTSP DKI Jakarta karena mereka yang menerbitkan izin pemasukan hewan ke Jakarta,” tandas Eli. (Zen)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel