tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

PCNU Kota Bekasi Pastikan Pemotongan Hewan Qurban Sesuai Syariat Islam Melalui Pelatihan AHSANU

Pelatihan penyembelihan hewan di PCNU Kota Bekasi.
Prakata.com – Guna memastikan pemotongan hewan kurban berjalan dengan tepat sesuai syariat islam, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bekasi menggelar pelatihan bagi Ahli Sambelih NU (AHSANU) mejelang Hari Raya Idul Adha 1445 H.

“Kita ingin memastikan bahwa ini adalah ajaran dan syariat agama, NU hadir di Tengah Masyarakat, mendampingi melalui orang-orang yang punya keahlian,” kata Ketua PCNU Kota Bekasi, Ayi Nurdin, saat dikonfirmasi, Rabu (13/6/2024).

Ia mengungkapkan, pada pekan lalu, Minggu (9/6/2024) pihaknya telah memberikan pelatihan penyembelihan halal dan managemen hewan qurban. Melali pelatihan tersebut diharapkan akan menghasilkan AHSANU yang berkompeten dalam penyembelihan dan management hewan qurban.

Menurutnya, penyembelihan hewan qurban yang sesuai dengan syariat islam tentu sudah banyak dilakukan masyarakat, termasuk dari kalangan NU. Kendati demikian, atas inisiatif pengurus NU di Kota Bekasi, maka AHSANU dibentuk.

“AHSANU ini orisinil gagasan dari teman-teman di Bekasi. Bahwa pengelolaan hewan qurban ini memnag bagian dari rutinitas. NU sebagai organisasi sosial keagamaan mau tidak mau punya tanggung jawab moral, agar memastikan pemotongan qurban sesuai syariat. Ini bagian dari pelayanan,” lanjut Ayi.

Pelatihan penyembelihan dan management qurban juga menjadi pengingat, atau aktualisasi pada momen Hari Raya Idul Adha, yakni tentang tata cara yang benar sesuai fiqih berqurban. (gud)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel