tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Menggali Potensi Seni Budaya Bandung Timur, Teras Sunda Cibiru dan Pasir Kunci

Teras Sunda Cibiru.
Prakata.com - Bambang Tirtoyuliono, Pj Wali Kota Bandung, menekankan bahwa Bandung Timur memiliki kekayaan seni budaya yang luar biasa. Menurutnya, kedua lokasi tersebut, yaitu Teras Cibiru dan Pasir Kunci, dapat dioptimalkan untuk mengembangkan potensi seni budaya menjadi destinasi wisata favorit.

“Bandung memiliki beragam potensi, termasuk dalam bidang seni budaya. Kita memiliki fasilitas ini (Teras Cibiru dan Pasir Kunci). Apapun di Kota Bandung dapat menjadi daya tarik. Hanya perlu diberikan sentuhan kreatif, misalnya dengan mengadakan kegiatan setiap hari,” ungkap Bambang saat mengunjungi Teras Sunda dan Kampung Wisata Pasir Kunci pada Selasa (11/6/2024).

Dia menambahkan, di masa depan, Teras Cibiru dan Pasir Kunci akan diisi dengan berbagai acara seni budaya yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

“Saya dapat membayangkan betapa indahnya bangunan ini. Intinya, ini harus dimaksimalkan. Peran Kewilayahan juga harus aktif mengajak, tentu saja dengan aturan main sehingga ini memiliki nilai,” tuturnya.

Masyarakat juga dapat menggunakannya secara gratis untuk penyelenggaraan kegiatan seni budaya.

"Sekarang bagaimana ini betul-betul bisa bernilai dan dirasakan warga sekitar Bandung Timur," katanya.

Ia meminta, kewilayahan untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak agar di Teras Sunda Cibiru dan Pasir Kunci selalu ada kegiatan setiap harinya.

"Oleh karenanya harus segera lakukan evaluasi supaya ini bisa bernilai guna. Sehingga camat berkolaborasi untuk saling mengisi. PR-nya harus tiap hari ada kegiatan," ungkapnya.

Sebagai informasi, Teras Sunda Cibiru, sebuah tempat wisata yang diresmikan pada tanggal 31 Oktober 2018. Terletak di Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Teras Sunda Cibiru menghadirkan konsep desain bangunan yang sarat dengan unsur budaya Sunda.

Dibangun di atas lahan seluas 5.600 meter persegi, Teras Sunda Cibiru menawarkan sejumlah fasilitas yang bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

Sedangkan, Kampung Wisata Pasir Kunci diresmikan pada tahun 2018. Disana menyuguhkan berbagai kegiatan seni Sunda. Di antaranya kaulinan barudak dan beragam acara seni tradisional yang bisa disaksikan dan diikuti oleh para wisatawan. (gud/rob)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel