tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

PT Jasamarga Transjawa Tol Catat Kenaikan Laba Bersih dalam RUPST 2023

RUPST PT JTT Tahun 2023.
Prakata.com - PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) telah mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk Tahun Buku 2023 di Jakarta pada hari Kamis, 16 Mei 2024. Dalam pertemuan ini, PT JTT sukses mencatat laba bersih sebesar Rp6,88 triliun.

Pendapatan usaha mencapai Rp4,95 triliun, naik 40% dari tahun 2022. Dengan pengendalian beban usaha yang efektif, termasuk beban Sumber Daya Manusia, beban operasi, dan beban umum dan administrasi, Perusahaan berhasil mencatat EBITDA sebesar Rp4.0 triliun, naik 42% dari tahun sebelumnya. Ekuitas sebesar 29,80 triliun naik 70% dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp17,57 triliun dan total aset sebesar Rp60,97 triliun, naik signifikan dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp26,04 triliun.

Kinerja positif PT JTT juga tercermin dari peningkatan volume lalu lintas harian sepanjang tahun 2023. Pada tahun tersebut, PT JTT mencatat realisasi volume lalu lintas kendaraan sebanyak Rp409,6 juta transaksi, naik 2,63% dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Vice President Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, Ria Marlinda Paallo, menjelaskan serangkaian inisiatif strategis yang telah dilakukan untuk mengoptimalkan portofolio bisnis Perseroan. 

"PT JTT telah melakukan sejumlah inisiatif strategis untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan bisnis jangka panjang. Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan aset melalui konsolidasi 3 ruas jalan tol, yaitu Ruas Tol Batang-Semarang, Ruas Tol Solo-Ngawi dan Ruas Tol Ngawi-Kertosono-Kediri sejak Juli 2023," kata Ria dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/5/2024).

Selain itu, PT JTT juga telah melakukan pembubaran dan likuidasi atas Reksa Dana Penyertaan Terbatas Mandiri Infrastruktur Ekuitas Transjawa pada 27 Juli 2023. Dengan skema ini, perusahaan menerima pengalihan saham PT Lintas Marga Jawa sebanyak 194.336.593 lembar saham atau persentase kepemilikan sebanyak 97,31%. Pada tahun 2023, PT JTT telah memenuhi pembayaran dividen atas tahun buku 2022 sebesar Rp 553,9 miliar pada tanggal 7 Juni 2023, yang merupakan dividen pertama PT JTT.

Ria menambahkan, "Pada tahun 2023, Perusahaan juga melakukan sejumlah inisiatif lain untuk mengembangkan komunitas lokal melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), termasuk bantuan sosial kemasyarakatan seperti santunan anak yatim, bantuan sarana ibadah, bantuan untuk pencegahan stunting, fasilitas pendidikan dan beasiswa pendidikan di beberapa lokasi area PT Jasamarga Transjawa Tol."

Untuk mendukung pengembangan integrasi pusat data pelayanan lalu lintas dan sinergi antara Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) Pusat dengan Wilayah Operasional, PT Jasamarga Transjawa Tol telah mengoperasikan Jasa Marga Traffic Information Center (JMTIC) Wilayah Timur di Surabaya pada Desember 2023.

Terdapat 6 ruas jalan tol yang terintegrasi di JMTIC Wilayah Timur, yaitu: Ruas Tol Ngawi-Kertosono, Ruas Tol Surabaya-Mojokerto, Ruas Tol Surabaya-Gempol, Ruas Tol Gempol-Pasuruan, Ruas Tol Gempol-Pandaan, dan Ruas Tol Pandaan-Malang. Teknologi ini digunakan untuk memantau kondisi lalu lintas secara real time.

PT Jasamarga Transjawa Tol terus berkomitmen untuk menciptakan pengusahaan jalan tol yang andal, aman dan nyaman, berwawasan lingkungan dan berkelanjutan. Komitmen ini dibuktikan dengan pencapaian predikat Gold Green Toll Road Indonesia untuk Jalan Tol Gempol-Pandaan dan Jalan Tol Pandaan-Malang.

PT Jasamarga Transjawa Tol terus berupaya untuk mencapai target pendapatan usaha dengan menjaga pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol agar pelayanan kepada pengguna jalan tol tetap optimal. Selain itu, perusahaan terus menjaga agar penyesuaian tarif jalan tol dapat berjalan sesuai dengan rencana untuk menjaga pertumbuhan kinerja hingga akhir tahun 2023. Perusahaan terus berkomitmen untuk menciptakan kenyamanan perjalanan bagi keberlanjutan di masa depan. (Zen)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel