tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Maskot Ikan Bloso Simbol Kekuatan dan Adaptabilitas di POPDA XI dan PEPARPEDA VIII Kota Tangerang

Maskot Ikan Bloso POPDA XI dan PEPARPEDA VIII Banten.
Prakata.com - Kota Tangerang akan segera menjadi tuan rumah untuk Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI dan Pekan Paralympic Pelajar Daerah (PEPARPEDA) VIII tingkat Provinsi Banten. Sebagai simbol dari event ini, maskot ikan bloso telah diperkenalkan oleh Pj Wali Kota Tangerang, Nurdin.

Maskot ini, yang mewakili POPDA dan PEPARPEDA tahun ini, dipilih karena mencerminkan kearifan lokal dan keanekaragaman fauna di Kota Tangerang. Ikan bloso, yang biasa hidup di air tawar dan memiliki kemampuan untuk beradaptasi dan bertahan hidup di lumpur, dipilih sebagai maskot.

Ikan bloso dikenal karena kemampuannya untuk bertahan hidup dalam berbagai kondisi. Dengan kemampuannya untuk berkamuflase dan bertahan hidup di lumpur, diharapkan para atlet Kota Tangerang dapat menunjukkan semangat yang sama dan menjadi juara umum di tingkat Provinsi Banten.

“Ini sebagai simbol memperkuat identitas maskot yang berasal dari Kota Tangerang dan menjadi salah satu hewan yang ikonik di Sungai Cisadane, Kota Tangerang. Dengan makna kearifan lokal, maskot ikan bloso diharapkan dapat memberikan semangat kebersamaan, persahabatan, dan semangat meraih prestasi dalam ajang POPDA XI dan PEPARPEDA VIII Provinsi Banten, tahun 2024 di Kota Tangerang,” ungkap Kaonang, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Rabu (15/5/2024).

Ia mengungkapkan bahwa maskot ikan bloso adalah hasil dari sayembara yang diikuti oleh 107 orang dari seluruh Indonesia. Pemenangnya adalah Santoso dari Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah, yang terinspirasi oleh kearifan lokal masyarakat Kota Tangerang.

Kaonang menjelaskan bahwa POPDA XI akan berlangsung pada 9-13 Juni dan PEPARPEDA VIII akan berlangsung pada 2-5 Juli. Sebagai tuan rumah, Kota Tangerang sudah siap, baik dari sisi venue, pelayanan, maupun para atletnya sendiri, yang akan berkompetisi di 25 cabang olahraga.

Kota Tangerang akan mengirimkan 532 orang untuk POPDA, termasuk 390 atlet, 48 pelatih, 46 asisten pelatih, 25 official dan 25 manager. Sedangkan untuk PEPARPEDA, kontingen Kota Tangerang akan berkompetisi di delapan cabang olahraga dengan total 70 orang, termasuk 30 atlet, delapan pelatih, 10 asisten pelatih, 21 official dan satu manager.

Kaonang berharap dukungan dan doa dari masyarakat untuk mensukseskan penyelenggaraan POPDA XI dan PEPARPEDA di Kota Tangerang. Dia menekankan pentingnya sukses dalam prestasi, administrasi, dan penyelenggaraan event ini. (Zen)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel