tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Anies Atau Ida Fauziyah? PKB dan Pertimbangan Strategis Pilkada Jakarta 2024

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB, Syaiful Huda.
Prakata.com - Syaiful Huda, Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB, mengungkapkan bahwa partai tersebut telah melakukan pembicaraan awal dengan Anies Baswedan, mantan Gubernur Jakarta, mengenai kemungkinan partai tersebut mendukungnya untuk kembali bertarung dalam Pilkada Jakarta 2024.

Huda, yang berbicara di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada hari Selasa (21/5/2024), menegaskan bahwa meskipun PKB belum mengirimkan surat rekomendasi secara formal, partai tersebut sedang mempertimbangkan untuk mendukung Anies sebagai calon gubernur dalam Pilkada Jakarta 2024.

“Dari berbagai diskusi dan percakapan dengan rekan-rekan Anies, kami sedang mempertimbangkan untuk mendukung Anies jika dia memutuskan untuk maju lagi,” kata Huda.

Namun, meskipun Anies menjadi pertimbangan dalam Pilkada Jakarta 2024, Huda menekankan bahwa partai tersebut masih memandang Wakil Ketua Umum DPP PKB dan Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, sebagai calon kandidat utama yang dimiliki partai tersebut untuk diusung dalam Pilkada Jakarta 2024.

“Ida Fauziyah masih menjadi calon kandidat kami hingga saat ini,” ungkapnya.

Mengenai kepastian siapa yang akan didukung partai tersebut, Huda meminta masyarakat untuk menunggu perkembangan dinamika politik.

“Kita akan melihat perkembangan selanjutnya. Pendaftaran calon akan dilakukan pada tanggal 27 Agustus, jadi kita akan melihat bagaimana perkembangannya,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyatakan bahwa partai tersebut akan membuat keputusan terkait dukungan kepada Anies Baswedan dalam Pilkada Jakarta 2024.

“Keputusan akan diambil nanti,” kata Muhaimin di Banda Aceh, pada malam Jumat (3/5/2024).

Pada bulan Maret, PKB telah mengusulkan dua nama, yaitu Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Ketua DPW PKB DKI Hasbiallah Ilyas, untuk maju dalam Pilkada Jakarta 2024.

“PKB memiliki banyak pilihan untuk DKI. Ada anggota DPR RI dari Jakarta Selatan, Ida Fauziyah, dan Ketua DPP PKB yang juga terpilih menjadi anggota DPR RI di Jakarta Timur, Hasbiallah Ilyas, serta beberapa nama besar lainnya,” kata Sekjen DPP PKB M Hasanuddin Wahid setelah pertemuan dengan petinggi partai-partai Koalisi Perubahan di NasDem Tower, Jakarta, pada malam Jumat (15/3/2024). (Zen)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel