tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Tingkatkan Kapasitas Penanganan Bencana, BPBD DKI Jakarta Usul Penambahan Petugas

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji.
Prakata.com - BPBD DKI Jakarta mengajukan usulan untuk menambah jumlah petugas penanganan bencana atau Tim Reaksi Cepat (TRC) dengan tujuan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi warga yang membutuhkan.

"Saat ini, hanya ada 267 petugas TRC yang bertugas, jumlah ini sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah kelurahan di Jakarta, yaitu 267 kelurahan," ungkap Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji, dalam rapat Komisi A DPRD DKI di Jakarta, Senin (01/04/2024).

Ia menjelaskan bahwa jumlah petugas TRC saat ini tidak sebanding dengan jumlah kelurahan di Jakarta. Meski demikian, dia mengakui bahwa tidak semua wilayah di Jakarta mengalami bencana dan membutuhkan bantuan.

Usulan penambahan petugas ini juga didasarkan pada frekuensi kejadian bencana seperti kebakaran, banjir, tanah longsor, dan angin kencang yang tentunya membutuhkan penanganan lebih banyak. 

Isnawa juga menyarankan agar setiap lurah menjalani pelatihan untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam menangani bencana.

"Kalau boleh mungkin saya berguru sama Gulkarmat DKI atau kalau ada PPSU mungkin per kelurahan yang bisa direkrut BPBD," harapnya.

BPBD DKI Jakarta saat ini memiliki 267 petugas TRC yang bertugas di seluruh wilayah rawan banjir. Mereka bertugas menangani bencana, melakukan edukasi, mengevakuasi warga saat terjadi banjir, serta melakukan penanganan dan pemantauan setelah bencana terjadi. (Zen)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel