tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Sejarah May Day di Indonesia dan Peringatannya Hingga Saat Ini

Peringatan hari buruh Internasional. Foto: Net.
Prakata.com - May Day, atau yang dikenal juga sebagai Hari Buruh Internasional, dirayakan setiap tanggal 1 Mei. Perayaan ini berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Sejarah peringatan Hari Buruh Internasional tidak dapat dilepaskan dari terjadinya beberapa peristiwa, salah satunya kerusuhan Haymarket di Chicago pada tahun 1886.

Dua tahun sebelum kerusuhan tersebut pada Oktober 1884, Federasi Serikat Buruh dan Perdagangan Terorganisir Amerika Serikat dan Kanada memutuskan 1 Mei 1886 sebagai hari pertama buruh akan bekerja selama 8 jam per hari. Buruh Amerika Serikat sebelumnya sering dipaksa bekerja hingga 16 jam dengan kondisi yang kurang ideal. Oleh sebab itu, menyebabkan adanya keresahan bagi para buruh.

Sejarah May Day di Indonesia

Perayaan Hari Buruh di Indonesia pertama kali dilakukan pada 1 Mei 1918 oleh Serikat Buruh Kung Tang Hwee. Gagasan tersebut muncul setelah tokoh kolonial, Adolf Baars mengkritik harga sewa tanah milik kaum buruh yang terlalu murah untuk dijadikan perkebunan.

Hari Buruh di Indonesia ditetapkan sebagai tanggal penting sejak 1 Mei 1948. Presiden Soekarno kala itu, memerintahkan perubahan Undang-Undang Kerja Nomor 12 Tahun 1948. UU itu menetapkan 1 Mei sebagai tanggal resmi Hari Pekerja/Buruh dan mengakui pada tanggal tersebut sebagai hari kemenangan kaum buruh.

Pada 1 Mei 2013, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan hari buruh sebagai hari libur nasional hingga saat ini.

Peringatan May Day Hingga Saat Ini

Masyarakat dunia termasuk Indonesia merayakan May Day atau Hari Buruh Internasional setiap tahunnya. Tema May Day 2024 sendiri, jika merujuk laman International Labour Organization (ILO) belum ada tema resmi hingga saat ini. Jika merujuk pada tahun-tahun sebelumnya, tema Hari Buruh akan dirilis mendekati peringatan Hari Buruh Internasional yakni 1 Mei.

Peringatan May Day di Indonesia biasanya ditandai dengan aksi-aksi dari berbagai serikat buruh. Mereka memanfaatkan Hari Buruh ini untuk turun ke jalan memperjuangkan hak mereka. Polri menyiapkan ribuan anggotanya di sejumlah daerah mengawal aksi buruh memperingati May Day.

Demikianlah sejarah May Day di Indonesia dan peringatannya hingga saat ini. Semoga peringatan May Day dapat semakin meningkatkan kesadaran kita semua akan pentingnya hak dan kesejahteraan para buruh. (Ana)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel