tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Komisi IV DPRD Kota Bekasi Minta Dinas Pendidikan Keluarkan Surat Edaran Tentang Study Tour

Anggota Komisi IV DPRD Kota Bekasi, Heri Purnomo.
Prakata.com – Study tour yang biasa dilaksanakan dalam kelulusan sekolah tidak menjadi agenda wajib siswa. Hal ini juga tertuang dalam Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2023 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Menindaklanjuti hal ini, Anggota Komisi IV DPRD Kota Bekasi, Heri Purnomo, berharap agar Dinas Pendidikan Kota Bekasi mengeluarkan surat edaran serupa sebagai turunan surat edaran dari Kementerian tersebut.

"Dinas Pendidikan diharapkan mengeluarkan surat edaran sebagai turunan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengklarifikasi hal ini," harap Heri, Selasa (16/4/2024).

Ia menegaskan bahwa tidak ada pemaksaan bagi siswa untuk mengikuti kegiatan study tour yang diselenggarakan oleh sekolah. Hal ini disampaikan menyusul adanya keberatan dari beberapa orang tua siswa terhadap kebijakan tersebut.

"Kegiatan study tour memang tidak diwajibkan. Jika ada orang tua siswa yang tidak sanggup atau tidak setuju, mereka dapat menyatakan sikapnya tanpa khawatir akan ada sanksi," ujar Heri Purnomo.

Menurutnya, jika terdapat bukti pemaksaan dari pihak sekolah, maka pihak sekolah tersebut akan dipanggil untuk memberikan klarifikasi.

"Kami akan memanggil Dinas Pendidikan untuk memastikan tidak ada pemaksaan dalam rencana kegiatan yang dilakukan oleh sekolah," tambahnya.

Herpur, sapaannya, juga mengingatkan bahwa sesuai dengan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2023, satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah dihimbau untuk tidak menjadikan kegiatan seperti study tour sebagai kegiatan wajib.

Di sisi lain, politisi PDI Perjuangan ini mengakui bahwa banyak siswa dan orang tua yang ingin memiliki kenang-kenangan setelah lulus, dan inisiatif untuk mengadakan kegiatan tersebut seringkali datang dari siswa itu sendiri.

"Kita tidak bisa menghalangi jika memang ada inisiatif dari siswa dan dukungan dari orang tua untuk mengikuti kegiatan tersebut," jelas dia. (gud)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel