tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

16 Ribu Kendaraan Kekurangan Saldo E-Toll, Antre di Gerbang Tol Saat Arus Balik

Petugas Jasa Marga sedang membantu pengendara yang kekurangan saldo e-toll. Foto: Jasa Marga.
Prakata.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk, menghimbau kepada para pengguna jalan yang akan melakukan perjalanan arus balik ke Jabotabek untuk memastikan saldo e-toll mereka cukup. Berdasarkan pengamatan selama periode H-7 sampai H2 arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445H (3-11 April 2024), dimana tercatat 16 ribu kendaraan dengan saldo e-toll kurang di Gerbang Tol Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani, menjelaskan bahwa jumlah tersebut merupakan 4% dari total 385 ribu kendaraan yang melakukan transaksi di Gerbang Tol Kalikangkung pada periode yang sama. Kekurangan saldo e-toll dan perlunya melakukan top up e-toll di gardu tol dapat menyebabkan penundaan waktu yang cukup signifikan.

"Dengan adanya waktu penundaan tersebut, kami mencatat rata-rata penurunan kapasitas transaksi gardu tol di GT Kalikangkung sebesar -5% per jam," ungkapnya, Sabtu (13/4/2024).

Faiza mengingatkan kepada pengguna jalan untuk menyiapkan saldo e-toll yang cukup, terutama bagi mereka yang akan melakukan perjalanan dari Surabaya dan Semarang menuju Jakarta. Pengguna jalan diharapkan menyiapkan saldo e-toll minimal sebesar Rp500.000 untuk kendaraan golongan 1 dari Semarang menuju Jakarta, dan saldo minimal sebesar Rp1.000.000 untuk pengguna jalan dari Surabaya menuju Jakarta.

"Jasa Marga menghimbau pengguna jalan untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan, termasuk memastikan saldo e-toll dan BBM cukup, serta kondisi kendaraan dan pengendara dalam keadaan baik," lanjut Faiza.

Ia juga mengingatkan masyarakat yang saat ini masih berada di kampung halaman untuk merencanakan waktu perjalanan kembali ke Jabotabek. Dia menambahkan bahwa puncak arus balik tahun ini diprediksi akan jatuh pada Senin, 15 April 2024.

Diimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan potongan tarif tol 20% yang akan diberlakukan mulai Rabu 17 April 2024 pukul 05.00 WIB sampai Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB untuk tarif Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang menuju Jakarta, hanya untuk asal Gerbang Tol Kalikangkung menuju Gerbang Tol Cikampek Utama. (Gud)

Ikuti Berita Terbaru di Google News & WA Channel