tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Operasi Airdrop Kemanusiaan, TNI AU Kirim Bantuan ke Gaza dengan C-130 J Super Hercules

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto saat mengecek bantuan yang akan dikirim ke Palestina d Lanud Halim Perdana Kusuma, Jumat (29/3/2024).
Prakata.com - Pesawat C-130 J Super Hercules TNI AU dengan kode A-1340 telah melaksanakan penerbangan pertamanya untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Gaza, Palestina melalui teknik airdrop dari ketinggian.

Pada hari ini, Jumat (29/3/2024), di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jenderal TNI Agus Subiyanto, Panglima TNI, mengawal keberangkatan pesawat tersebut yang membawa 27 anggota TNI dan muatan bantuan.

Panglima TNI menekankan pentingnya menjalankan misi ini dengan dedikasi dan tanggung jawab tinggi sebagai representasi dari kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah dan bangsa kepada TNI.

“Jalankan tugas ini dengan hati-hati, mengutamakan keselamatan, dan mengikuti prosedur dengan detail. Koordinasikan dengan semua pihak yang terlibat untuk memastikan kelancaran misi ini. Segera laporkan setiap perkembangan kepada komando atas,” instruksi Panglima TNI dalam sambutannya.

Selama misi, TNI mengirimkan bantuan yang akan diturunkan di Yordania sebagai persinggahan sebelum mencapai Gaza. Bantuan tersebut termasuk peralatan airdrop seperti payung udara untuk orang (PUO) dan barang (PUB), yang akan digunakan oleh Angkatan Udara Yordania untuk mendistribusikan bantuan ke Gaza. PUO dapat menurunkan beban hingga 100 kg per penerjunan, sedangkan PUB dapat menangani hingga 15 ton per penerjunan.

Untuk misi kemanusiaan ini, terdapat 900 unit PUO dan 50 set peralatan LCLA yang telah disiapkan di Yordania oleh Baznas untuk mendukung pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza menggunakan metode airdrop. (Zen)

Ikuti Berita Terbaru di Google News