tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Jelang Arus Mudik 2024, Jasa Marga Luncurkan Fitur Baru Travoy Journey yang Mengemas Informasi Jalan Tol Terkini

Seorang pengguna jalan tol menunjukkan Fitur baru Travoy Journey dari Aplikasi Travoy. Foto: Jasa Marga.
PRAKATA.COM - PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dalam upayanya untuk menciptakan perjalanan mudik yang berkesan dan penuh makna, terus berupaya meningkatkan layanan mereka di jalan tol, khususnya menjelang arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Tahun 2024. Sebagai bagian dari upaya ini, PT Jasamarga Tollroad Operator (PT JMTO), anak perusahaan Jasa Marga, telah meluncurkan fitur terbaru pada aplikasi Travoy mereka, yaitu Travoy Journey. Fitur ini dirancang untuk memberikan informasi terkini tentang jarak, waktu tempuh, tarif tol, kondisi lalu lintas, tampilan CCTV real-time, rest area yang akan dilewati, informasi pada Dynamic Message Sign (DMS), dan kecepatan rata-rata selama perjalanan.

Lisye Octaviana, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, mengungkapkan bahwa fitur aplikasi Travoy kini semakin lengkap, memungkinkan pengguna jalan tol untuk merencanakan perjalanan mereka dengan lebih baik, terutama menjelang periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Tahun 2024.

“Fitur Travoy Journey ini dirancang untuk memudahkan pengguna jalan tol dalam merencanakan dan mengatur waktu perjalanan mereka, dari titik awal hingga tujuan. Fitur ini juga akan mempermudah mobilitas masyarakat yang rutin menggunakan jalan tol, dengan menyediakan rute terbaik berdasarkan informasi terkini jalan tol yang sangat lengkap,” kata Lisye, melalui keterangan tertulis yang diterima Prakata.com, Senin (25/3/2024).

Untuk mengakses fitur ini, pengguna cukup membuka aplikasi Travoy, klik “Mulai Perjalanan”, masukkan lokasi asal dan tujuan, dan pilih golongan kendaraan. Setelah itu, aplikasi akan menampilkan beberapa rekomendasi rute perjalanan menggunakan jalan tol, berdasarkan total tarif dan jarak tempuh, dari yang terkecil hingga terbesar. Pengguna kemudian dapat memilih rute yang diinginkan dan klik “Mulai Perjalanan” untuk menampilkan gerbang tol dan tarif per gerbang tol berdasarkan rute yang dipilih.

“Untuk mendukung perjalanan, aplikasi Travoy menyediakan menu yang menampilkan lebih dari 2.000 titik CCTV di seluruh ruas jalan tol Jasa Marga, serta informasi kecepatan rata-rata berdasarkan kondisi lalu lintas terkini. Informasi lalu lintas juga akan ditampilkan dalam push notification jika terjadi insiden di ruas tol terdekat dengan lokasi pengguna, seperti gangguan lalu lintas, rekayasa lalu lintas, atau pemeliharaan,” tambahnya.

Lisye juga menekankan bahwa pengguna jalan tol yang mengalami masalah selama perjalanan dapat langsung menghubungi call center Jasa Marga di 14080, yang beroperasi 24 jam. Melalui layanan call center ini, pengguna jalan tol dapat melaporkan dan mengadukan insiden yang terjadi di jalan tol.

Jasa Marga terus berupaya memenuhi kebutuhan pengguna jalan tol, terutama menjelang arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Tahun 2024. Fitur yang tersedia di aplikasi Travoy dapat dimanfaatkan untuk merencanakan perjalanan dengan lebih baik, sehingga mudik menjadi lebih ceria, penuh makna, lancar, aman, dan nyaman. Pengguna jalan tol dapat mengunduh aplikasi Travoy untuk mendapatkan informasi terkini tentang jalan tol selama 24 jam, sehingga dapat mengantisipasi kondisi jalan tol selama liburan tahun ini.

Hingga Maret 2024, aplikasi Travoy telah diunduh oleh 459 ribu pengguna Android dan 58 ribu pengguna iOS, sehingga total pengguna aplikasi Travoy saat ini mencapai 517 ribu pengguna, yang menggunakan aplikasi ini sebagai asisten perjalanan mereka di jalan tol. (Gud)

Ikuti Berita Terbaru di Google News