tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Bandung Raih Predikat Kota dengan Inflasi Tahunan Paling Rendah di Jabar

Kota Bandung berhasil menekan angka inflasi 1,95 persen.
PRAKATA.COM - Kota Bandung berhasil menekan inflasi year on year (YoY) sampai Februari 2023 menjadi 1,95 persen. Prestasi ini membuat Kota Bandung mendapat gelar sebagai kota dengan inflasi tahunan paling rendah di Jawa Barat.

Angka ini lebih rendah dari inflasi YoY Jawa Barat yang mencapai 3,09 persen dan nasional yang sebesar 2,75 persen. Data ini didapat dari Badan Pusat Statistik Kota Bandung per tanggal 1 Maret 2024.

Beberapa komoditas yang berkontribusi dalam inflasi YoY adalah beras, rokok kretek filter, cabai merah, nasi dengan lauk, dan emas perhiasan.

Di sisi lain, beberapa komoditas yang menahan inflasi adalah tarif air minum PDAM, bahan bakar rumah tangga, minyak goreng, bawang merah dan cabe rawit.

Sementara itu, inflasi month to month (MtM) Kota Bandung dibandingkan dengan Januari 2024 sebesar 0,38 persen. Angka ini lebih kecil dibandingkan dengan inflasi Jawa Barat yang sebesar 0,45 persen dan lebih besar dari nasional yang sebesar 0,37 persen.

Pada inflasi MtM, penyebab utama inflasi bulan Februari 2024 adalah kelompok makanan, minuman dan tembakau dengan andil 0,33 persen.

Selain itu, inflasi year to date (YtD) Kota Bandung sebesar 0,48 persen. Angka ini lebih rendah dari inflasi year to date Jawa Barat yang sebesar 0,61 persen dan lebih tinggi dari nasional yang sebesar 0,41 persen.

Jika dibandingkan dengan angka inflasi 10 kota di Jawa Barat, posisi inflasi MtM Kota Bandung terendah keempat setelah Kabupaten Subang, Kabupaten Bandung, Kota Sukabumi. Sedangkan YtD terendah keempat setelah Kabupaten Bandung, Kabupaten Subang, Kabupaten Majalengka. (Zen)

Ikuti Berita Terbaru di Google News