tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Wetland Cisurupan, Oase Tersembunyi untuk Relaksasi dan Edukasi di Bandung

Wetland Park Cisurupan.
PRAKATA.COM - Ingin suasana yang menyegarkan tanpa biaya? Wetland Park Cisurupan adalah jawabannya. Terletak di Bandung, Wetland Park Cisurupan dibuka pada tahun 2019 sebagai zona penyerapan air untuk mengatasi masalah banjir.

Kini, kawasan ini juga menjadi destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam dan kesegaran udara.

Menurut Lurah Cisurupan, Misbakhudin, "Tempat ini sempurna untuk botram (bersantap bersama), berinteraksi dengan binatang ternak, dan berkebun, menjadikannya lokasi ideal untuk wisata edukatif bagi keluarga."

Wetland Park tidak hanya berperan dalam pencegahan banjir di Cisurupan, tetapi juga membantu menahan air hujan di area sekitarnya, mengurangi risiko banjir di daerah hilir.

Cisurupan, yang terletak di Kecamatan Cibiru, memiliki populasi sekitar 13.300 orang, mencakup area seluas 220 hektar, dengan 23 hektar di antaranya merupakan ruang terbuka hijau milik Pemerintah Kota Bandung.

Pengunjung juga dapat mengeksplorasi sawah abadi yang dikelola oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung, yang berfokus pada ketahanan pangan.

"Kunjungan ke Wetland Park masih gratis. Ini adalah tempat yang luar biasa untuk berkemah, berwisata, dan belajar," kata Misbakhudin, menambahkan bahwa area ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata alam dan edukatif.

Di tengah kesulitan menemukan lingkungan asri di kota, Wetland Park menawarkan pemandangan sawah dan kolam ikan yang masih alami.

Misbakhudin juga menyebutkan inisiatif pembentukan kelompok sadar wisata oleh Karang Taruna untuk memajukan ekonomi lokal.

Wetland Park dirawat oleh petugas dari DSDABM dan DKPP, dengan bantuan pasukan Gober yang menjaga kebersihan.

Selain Wetland Cisurupan, ada juga destinasi edukatif lain seperti Wetland Ciraga, Tangga 100, dan tempat berkemah Mbah Celeng dan Mbah Garut. (Gud)

Ikuti Berita Terbaru di Google News