tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Perayaan Imlek di Klenteng Boen Tek Bio, Tempat Bersejarah yang Berdiri Sejak 1684



PRAKATA.COM - Klenteng Boen Tek Bio yang terletak di Pasar Lama, Kota Tangerang, menjadi pusat keramaian saat menyambut Tahun Baru Imlek 2575/2024. Banyak warga keturunan Tionghoa dari berbagai daerah luar kota yang hadir untuk merayakan Imlek di klenteng tertua yang berdiri sejak tahun 1684 ini.

Ketua Perkumpulan Boen Tek Bio, Ruby Santamoko, mengatakan bahwa Klenteng Boen Tek Bio menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek, seperti barongsai, liong, dan sembayang bersama. Ini menjadi magnet bagi warga, khususnya keturunan Tionghoa dari luar kota, untuk bergabung dalam klenteng yang kaya akan sejarah dan budaya ini.

“Kami merasa ada perbedaan dengan perayaan tahun lalu karena situasi sosial yang sedang panas menjelang Pemilu 2024. Namun, Klenteng Boen Tek Bio masih menjadi pilihan utama warga untuk merayakan Imlek. Kami melihat sudah ribuan orang yang datang sejak kemarin malam,” ujar Ruby, Sabtu, (10/2/2024).

Klenteng Boen Tek Bio memang dikenal memiliki daya tarik sendiri bagi warga yang merayakan Imlek. Diketahui, Klenteng Boen Tek Bio telah dikunjungi oleh sekitar 3.000 pengunjung dan diperkirakan akan terus bertambah hingga perayaan Tahun Baru Imlek selesai pada sore hari ini.

“Berdasarkan pengamatan kami, pengunjung yang merayakan Imlek di Klenteng Boen Tek Bio datang dari berbagai wilayah, seperti Tangerang Raya, Jakarta, Bekasi, dan sekitarnya,” katanya.

Ruby juga berharap, perayaan Tahun Baru Imlek 2024 di Klenteng Boen Tek Bio ini bisa menjadi kesempatan untuk mendorong perdamaian, kemajuan, dan kesejahteraan bagi seluruh warga yang merayakan, terutama di Kota Tangerang.

“Kami selalu merasa senang, bangga, dan terkesan dengan perayaan Tahun Baru Imlek di Klenteng Boen Tek Bio ini. Kami juga berdoa, semoga tahun baru ini bisa membawa keberuntungan bagi seluruh warga,” kata salah satu pengunjung dari Jakarta, Yus Lie Ning. (Gud)

Ikuti Berita Terbaru di Google News