tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Pasca 16 Tahanan Kabur, Kapolsek Tanah Abang Dicopot dari Jabatannya

Tahanan kabur dari balik jeruji. Foto: Ilustrasi
PRAKATA.COM - Irjen Pol Karyoto, Kapolda Metro Jaya, telah mengganti Kompol Hans Philip Samosir, Kapolsek Tanah Abang, sebagai dampak dari pelarian 16 tahanan dari kantor penegak hukum tersebut pada Senin (19/2/2024).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indardi, membenarkan pergantian tersebut saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu. Menurutnya, pergantian tersebut didasarkan pada surat telegram rahasia dari Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto, yang dikeluarkan pada Jumat (23/2/2024).

"Benar (soal dicopotnya Hans Philip sebagai Kapolsek Tanah Abang)," kata Ary Syam Indardi saat dikonfirmasi, di Jakarta, Minggu (25/2/2024).

Kompol Hans Philip kemudian dipindahkan dan menjabat sebagai Kanit I Bagwasiddik Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Sementara itu, posisi Kapolsek Tanah Abang saat ini dipegang oleh AKBP Aditya Simanggara Pratama.

Meski mengkonfirmasi berita tersebut, Ade Ary tidak memberikan banyak komentar tentang mutasi Kompol Hans Philip. Dia hanya menyatakan bahwa hal tersebut dilakukan semata-mata untuk kebutuhan organisasi internal Polri.

Sebelumnya, sejumlah tahanan Polres Metro Tanah Abang melarikan diri pada Senin (19/2/2024) sekitar pukul 02.40 WIB dini hari. Total ada 16 tahanan yang melarikan diri, namun dua di antaranya telah berhasil ditangkap kembali pada hari yang sama. Pada 22 Februari, polisi juga berhasil menangkap delapan tahanan lainnya.

Selain itu, polisi juga menangkap RA yang membantu para tahanan kabur dari Polsek Tanah Abang dengan membawa gergaji. Saat ini, polisi masih mencari enam tahanan lainnya yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). (Zen)

Ikuti Berita Terbaru di Google News