tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Presiden RI Resmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor


PRAKATA.COM – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo melakukan peresmian Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor di Gerbang Tol (GT) Limo Utama Jalan Tol Cinere-Jagorawi, Senin (8/1/2024). Ruas jalan tol yang baru diresmikan ini dikelola oleh 2 (dua) Badan Usaha Jalan Tol, yaitu PT Cinere Serpong Jaya (CSJ), anak usaha dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk, yang bertanggung jawab atas Jalan Tol Serpong-Cinere, dan PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ) yang mengurus Jalan Tol Cinere-Jagorawi.


Acara peresmian ini dihadiri oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Agus Subiyanto, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dan Anggota Komisi V DPR RI Mulyadi. Selain itu, juga hadir Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur bersama jajaran Direksi Jasa Marga, Komisaris Independen Jasa Marga Chandra Wijaya, Komisaris Jasa Marga Roskanedi serta Direktur Utama PT CSJ Mirza Nurul Handayani beserta jajarannya.


Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa syukurnya atas peresmian ruas jalan tol ini. Menurutnya, jalan tol ini akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di Jabodetabek, yang terdiri dari Jalan Tol Lingkar Dalam, Jalan Tol JORR 1 dan jalan tol ini yang merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2.


“Dengan beroperasinya jalan tol ini, masyarakat terutama yang berdomisili di Cibubur, Bogor, Tangerang akan memiliki lebih banyak pilihan alternatif untuk menuju sejumlah lokasi seperti Bandara Soekarno Hatta tanpa harus melewati Dalam Kota. Ini akan meningkatkan mobilitas orang, barang dan logistik yang diharapkan juga menurunkan kemacetan, sehingga masyarakat memiliki alternatif, pilihan yang lebih lancar,” kata Presiden RI Joko Widodo.


Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan, dengan diresmikannya Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere yang dikelola oleh anak usaha Jasa Marga PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) akan menjadi alternatif untuk memperpendek waktu perjalanan masyarakat dari dan ke wilayah Cinere, Pamulang, Serpong dan sekitarnya.


“Dengan tersambungnya jalan tol ini, lalu lintas yang dari dan ke Bogor maupun Bandara / Cengkareng dapat terpecah dengan waktu yang relatif lebih cepat dibandingkan menggunakan Jalan Tol JORR 1. Pengguna jalan dari wilayah Bogor, Ciawi dan sekitarnya (Jalan Tol Jagorawi) serta dari wilayah Jakarta Selatan dan Depok (Jalan Tol Desari) juga dapat dengan mudah dan cepat mengakses wilayah Serpong, Kunciran hingga Bandara Soekarno-Hatta melalui Jalan Tol JORR 2,” jelas Subakti.


Direktur Utama PT CSJ Mirza Nurul Handayani menyebutkan, sebelum diresmikan hari ini, Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere sudah beroperasi tanpa tarif sejak periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 23/24), yaitu sejak 22 Desember 2023 lalu.


“Selama libur Nataru 23/24 periode 18 Desember 2023 s.d 4 Januari 2024, kami mencatat jumlah kendaraan yang melintas di Jalan Tol Serpong-Cinere mencapai 672.107 kendaraan. Jumlah ini meningkat 98,78% dibandingkan dengan lalu lintas normal. Jika dibandingkan dengan lalu lintas Nataru tahun sebelumnya, bahkan meningkat sebesar 121,07%. Alhamdulillah, kami melihat masyarakat antusias dalam menggunakan ruas jalan tol ini yang kini telah terintegrasi penuh dengan jaringan jalan tol JORR 2 lainnya,” tutur Mirza. (gud)