tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Sekda Bandung Imbau Masyarakat Waspada Peningkatan Kasus Covid-19 dan Budayakan Penggunaan Masker


PRAKATA.COM - Beberapa negara, termasuk Malaysia dan Singapura, sedang mengalami peningkatan kasus Covid-19. Indonesia juga mengalami hal yang sama, meski belum berdampak signifikan pada jumlah pasien di rumah sakit. Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, ada peningkatan kasus Covid-19, mengikuti tren yang sama dengan Singapura dan Malaysia. Dalam periode 28 November hingga 2 Desember, tercatat 267 kasus baru Covid-19.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, mengajak masyarakat untuk tetap tenang namun waspada. Dia mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan, menggunakan masker, dan mencuci tangan untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Pandemi kembali meningkat di beberapa negara. Jika merasa kondisi kurang fit, penggunaan masker menjadi suatu kewajiban. Untuk antisipasi, mari kita budayakan penggunaan masker, terutama saat berada di kerumunan,” ujar Ema di Balai Kota Bandung, Rabu 6 Desember 2023.

Dia menambahkan, “Kita telah belajar selama 2-3 tahun, ini adalah kesadaran tentang bagaimana kita menjaga diri kita dan lingkungan kita. Jika kondisi sedang sakit, mari kita kembali menjaga jarak.”

Saat ini, Kota Bandung telah memasuki musim penghujan. Oleh karena itu, Ema juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dengan berolahraga dan makan makanan yang bergizi. “Cuaca sudah masuk musim penghujan. Saya meminta masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan makan makanan bergizi dan berolahraga,” tuturnya.

Ema berharap, Covid-19 tidak mengalami peningkatan di Indonesia, khususnya di Kota Bandung. “Semoga tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19, meskipun sudah ada peringatan dari Kemenkes,” katanya.

Dia menambahkan, jika merasa ada gejala Covid-19, segeralah memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat. (rob/gud)