tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Bandung Bersiap untuk Natal dan Tahun Baru, Langkah Keamanan dan Kenyamanan Ditingkatkan

 


PRAKATA.COM - Untuk memastikan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 berjalan lancar dan aman, Pemerintah Kota Bandung telah merencanakan serangkaian langkah-langkah, mulai dari peningkatan keamanan hingga layanan kesehatan. Ema Sumarna, Sekretaris Daerah Kota Bandung, menekankan bahwa tahun ini adalah tahun yang istimewa karena bertepatan dengan tahapan Pemilu dan peningkatan jumlah wisatawan.

Untuk menjaga keamanan, Pemkot Bandung akan berkolaborasi dengan Forkopimda dan aparat Linmas Kewilayahan untuk melakukan patroli gabungan. Lebih dari 9.000 Linmas akan dikerahkan, ditambah dengan personil Satpol PP, Kepolisian, dan unsur TNI.

Mengantisipasi peningkatan mobilitas masyarakat selama Nataru, Ema menginstruksikan Dishub untuk mendirikan posko di titik-titik yang berpotensi macet. Dia juga meminta pemeriksaan kendaraan transportasi mudik untuk memastikan kelayakan dan kecukupan.

Menyikapi tren peningkatan Covid-19 menjelang Nataru, Ema menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dan menjaga mobilitas. Ricky Gustiadi, Plh. Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, memprediksi ada peningkatan mobilitas penduduk di tingkat nasional sebesar 36 persen.

Dishub telah melakukan persiapan maksimal terkait kecukupan jumlah armada di terminal, termasuk pemeriksaan kelaikan jalan dan kesehatan para supir dan petugas. Posko kesehatan juga telah disiapkan di Terminal Leuwipanjang dan Cicaheum. (rob/gud)