tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Maruli Simanjuntak, Jenderal Baru di Puncak KSAD: Pelantikan dan Sumpah Jabatan di Istana Negara


PRAKATA.COM - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengangkat Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dalam sebuah upacara di Istana Negara, Jakarta. Keputusan ini didasarkan pada Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 103/TNI/Tahun 2023, yang dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden, Laksda TNI Hersan.

Setelah pembacaan Keppres, Presiden Jokowi menyerahkan tanda pangkat jabatan KSAD kepada Maruli dan mengambil sumpah jabatan Maruli sebagai KSAD. Dalam sumpah jabatannya, Maruli berjanji untuk setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan sebaik-baiknya.

Acara ini dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh Presiden Jokowi dan Maruli Simanjuntak, dengan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bertindak sebagai saksi. Maruli Simanjuntak menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang telah dilantik menjadi Panglima TNI. Dengan pelantikan ini, Maruli mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Jenderal, berdasarkan Keppres Nomor 104/TNI Tahun 2023.

Acara ini diakhiri dengan ucapan selamat dari Presiden Jokowi kepada Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, yang diikuti oleh para tamu undangan. Beberapa pejabat yang hadir dalam acara ini antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (gud)