tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Layanan Sakedap, Solusi Praktis dan Cepat Dapatkan Nomor Induk Berusaha di Bandung

 


PRAKATA.COM - Untuk memudahkan proses perizinan, program Sakedap (Sarana Anjungan Kemudahan Perizinan) Goes To Bandung dengan 10.000 NIB (Nomor Induk Berusaha) terus bergerak mengunjungi semua kecamatan di Kota Bandung hingga bulan November mendatang.

Sakedap adalah inisiatif yang dirancang khusus untuk mendukung usaha mikro. Melalui Sakedap, masyarakat dapat dengan mudah dan cepat mendapatkan layanan NIB. “NIB ini merupakan langkah pertama bagi para pelaku usaha untuk melanjutkan proses perizinan lainnya seperti PIRT, BPOM, sertifikasi halal dan sebagainya,” kata Dicky Surya Lora, Ketua Penyelengaraan Pelayanan Penanaman Modal, pada hari Rabu, 18 Oktober 2023.

Dicky menambahkan bahwa layanan Sakedap ini telah beroperasi sejak awal tahun 2023 dan akan berlangsung hingga 30 November mendatang. “Kami bekerja sama dengan Kemenag untuk proses sertifikasi halal. Alhamdulillah, hingga hari ini, warga di Kecamatan Lengkong sangat antusias. Terlebih lagi, Kecamatan Lengkong ini memiliki banyak sentra kuliner,” ungkap Dicky.

Camat Lengkong, Aniya Rachmawati, sangat menghargai layanan Sakedap ini. “Alhamdulillah, dengan adanya Layanan Sakedap untuk pembuatan NIB hari ini di Kecamatan Lengkong, sangat membantu sekali. Di sini banyak sekali sentra kulinernya. Tentu ini sangat membantu sekali para pelaku usaha khususnya yang berada di Kecamatan Lengkong,” ucap Aniya.

Banyak warga yang antusias mendaftarkan produk mereka di layanan Sakedap ini. Salah satunya adalah Ira, pemilik usaha Minuman Cuka Buah di Kecamatan Lengkong. “Saya membuat NIB ini dengan mudah dan cepat sekali pelayanannya tanpa perlu antri lama. Melalui layanan Sakedap di Kecamatan ini sangat membantu sekali karena mudah, dekat dan praktis,” tutur Ira.

Bagi warga yang memiliki usaha namun belum memiliki NIB, dapat mengunjungi layanan Sakedap di Kecamatan terdekat dan memeriksa jadwalnya di instagram @bdg.izin atau @humas_bandung. (rer)