tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Athan Siahaan Pamerkan Karya Wastra Nusantara Ulos di BCFM

Para model menampilkan Wastra Nusantara Ulos karya Athan Siahaan

PRAKATA.COM - Sebagai salah satu desainer yang berpartisipasi dalam ajang Bekasi City Fashion Movement (BCFM), Athan Siahaan menampilkan karya-karya yang mengangkat wastra nusantara ulos. 


Ulos adalah kain tenun tradisional dari suku Batak yang memiliki nilai filosofis dan simbolis.


Athan Siahaan mengatakan bahwa ia memilih tema ulos untuk karyanya karena ia ingin memperkenalkan wastra nusantara yang kaya akan budaya dan sejarah. 


"Saya adalah salah satu orang Batak membuat tema ulos karena menurut saya supaya orang tahu bahwasanya wastra itu bisa megah seperti itu," ujarnya kepada wartawan pada Minggu (3/9/2023) malam.


Ia juga berharap bahwa event seperti BCFM dapat semakin mengangkat wastra Bekasi dan kearifan lokal Bekasi. Ia mengapresiasi keragaman dan kesetaraan yang ditunjukkan oleh para desainer yang terlibat dalam event tersebut. 


"Lokal desainer sampai ke profesional desainer, sampai semua ada ngumpul jadi satu jadi tanpa membedakan," katanya.


Salah satu bukti dari penghargaan terhadap wastra Bekasi adalah banyaknya desainer yang mengeluarkan motif-motif batik Bekasi dalam karyanya. "Artinya motif-motif batik Bekasi itu berkembang lebih banyak, itu artinya ya wastra sudah diminati saat ini," tuturnya.


Bekasi City Fashion Movement adalah sebuah event fashion yang digelar di Kota Bekasi pada September 2023. Event ini menampilkan karya-karya dari berbagai desainer lokal maupun profesional, dengan tema "born to be inspiring". 


Event ini bertujuan untuk mempromosikan industri fashion di Kota Bekasi, serta memberikan ruang bagi para desainer untuk berekspresi dan berkreasi. (Gud)