tRbFFwIJXCPvDkjdZ6hw7BrVzKSmv3z6tIDMFXHn
Bookmark

Hari Keempat Festival Peh Cun, 100 Lentera Replika Perahu Naga Arungi Sungai Cisadane


PRAKATA.COM - Masih dalam rangkaian Festival Perahu Naga Peh Cun 2574 | 2023 yang digelar sejak 21 Juni 2023 lalu, pada hari keempat ini 100 lentera replika perahu naga mengarungi Sungai Cisadane, Sabtu (24/06/23). Lentera replika perahu naga dibawa di atas rakit, yang ditarik oleh perahu naga khas Festival Peh Cun.


Ketua Panita Festival Peh Cun, Mulio Kantjana mengatakan guna menjaga kebersihan lingkungan, lentera tidak diterbangkan atau dilepaskan begitu saja di Sungai Cisadane. Sehingga, setelah mengarungi Sungai Cisadane replika perahu naga tersebut tidak menjadi sampah yang mengotori Sungai Cisadane.


"Sebelum perahu berangkat, ada sedikit renungan dan doa untuk orang-orang yang saat ini sedang dalam kesusahan. Jadi, festival ini bukan hanya untuk melestarikan budaya saja. Tapi, bagaimana kita juga harus peduli dengan lingkungan dan juga sesama manusia," ungkapnya.


Ia melanjutkan, menjelang hari terakhir Festival Peh Cun animo masyrakat tidak turun. Selain itu, pada festival ini berbagai komunitas khususnya anak muda di Kota Tangerang dilibatkan sebagai bentuk regenerasi agar Festival Peh Cun dapat terus dilaksanakan.


"Tentu regenerasi harus ada, maka dari itu kami berkolaborasi dengan berbagai komunitas khususnya anak muda. Dengan kolaborasi ini agar mereka lebih mengenal dan mencintai budaya warisan leluhur kita. Sehingga, Festival Peh Cun ini dapat terus hadir di Kota Tangerang," lanjutnya.


Diharapkan, dengan seluruh rangkaian Festival Peh Cun yang akan segera selesai ini dapat terus dilaksanakan rutin setiap tahun dengan kegiatan dan acara yang lebih meriah lagi. "Kami berharap, tahun depan Festival Peh Cun ini dapat lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya, lebih baik lagi dan cakupannya lebih luas lagi," tutupnya. (Sin)